Naikkan Minat Baca, Penduduk Nelayan Dirikan Saung Literasi

Untuk tingkatkan minat baca anak nelayan, beberapa tokoh penduduk di kampung nelayan Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu serta Comdev PHE ONWJ resmikan saung literasi evaluasi enterpreuneur maju, adil serta sejahtera (JAR-EMAS) di SMK Hasanudin Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Jumat (01/03).

Saung literasi ini dibuat untuk tingkatkan minat baca anak-anak nelayan dari level PAUD, TK, SD, SMP sampai SMA di lokasi yang bersisihan dengan kegiatan tempat pelelangan ikan (TPI) di Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Tokoh penduduk nelayan Kecamatan Kandanghaur, Royani menjelaskan saung literasi ini didasari atas semakin ramainya pemakaian gadget di kelompok anak-anak serta remaja. Pemakaian gadget dikalangan remaja memulai masuk ke pedesaan.

Penduduk Nelayan Dirikan Saung Literasi


"Mereka lebih senang untuk buka gadget di banding buka buku bacaan. Banyak anak nelayan yang saat ini jarang membaca buku - buku ilmu dan pengetahuan serta lebih suka bermain gadget," katanya.Saung literasi adalah satu pengembangan perpustakaan mini. Ditambah lagi, di lokasi nelayan itu penduduk masih tetap susah terhubung ke perpustakaan umum. Saung Literasi JAR-EMAS akan diletakkan di ruang umum baik di taman terbuka atau di jalan.

"Jadi saung literasi JAR-EMAS. adalah street library, di mana penduduk tidak mesti hadir ke perpustakaan tetapi perpustakaannya yang mendekat pada penduduk. Pekerjaan ini pula ajak penduduk untuk mengalirkan serta menghibahkan buku-buku kepunyaannya serta diletakkan dengan cara langsung di saung literasi,"katanya.

Program literasi ini adalah kolaborasi pada yayasan Hasanudin, Komite Peningkatan Penduduk Kandanghaur, PHE ONWJ serta Pemerintah Desa Eretan Kulon. Program literasi ini begitu bersinergi dengan keinginan Pemerintah desa Eretan kulon yang ingin jadikan Kabupaten Indramayu menjadi kota pintar yang berwawasan tehnologi info.

Perihal seirama diutarakan oleh Kepala Desa Eretan Kulon, Bijaksana Santoso memberikan, saung literasi ini diinginkan bisa tingkatkan budaya membaca di kelompok remaja. "Penduduk nelayan baik anak-anak serta remaja dapat lebih giat kembali dalam membaca," katanya

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »